Beranda » Bumi Kembali Terancam Hantaman Asteroid

Bumi Kembali Terancam Hantaman Asteroid



Headline
Astronom amatir menjadi yang pertama menemukan asteroid ini. Asteroid ini berada sangat dekat Bumi dan memiliki potensi menghantam Bumi.

Bulan lalu, para relawan melakukan pengamatan pada asteroid 2011 SF108 dari Canary Islands. Temuan ini mengisyaratkan ada banyak penampakan asteroid di sekitar Bumi. Ahli luar angkasa mengatakan, temuan ini menyorot nilai ‘banyak sumber’ bagi sains dan pertahanan planet.

Asteroid ini menjadi ‘obyek dekat Bumi’ pertama yang memiliki jarak cukup dekat Bumi dan memiliki kesempatan menghantam Bumi. Meski begitu, penampakan potensial ini masih membutuhkan evaluasi lebih lanjut.

Kepala aktivitas asteroid Space Situational Awareness (SSA) Detlef Koschny mengatakan, “Delapan anggota kami telah mengulas gambar itu dan menemukan asteroid ini berpotensi menghantam Bumi."

Asteroid 2011 SF108 merupakan temuan tim relawan Teide Observatory Tenerife Asteroid Survey (TOTAS) selama pengamatan yang disponsori program SSA ESA. Survei empat malam itu menggunakan teleskop 1m-aperture di Optical Ground Station ESA di Teide, Canary Islands.

Hingga kini, sebanyak delapan ribu asteroid ditemukan di seluruh dunia namun ribuan diantaranya diperkirakan hanya berukuran diameter beberapa meter.

“Penting sekali menemukan dan menentukan apakah asteroid ini mengancam Bumi atau tidak,” katanya seperti dikutip DM.