Beranda » Tutorial Winrar Lengkap Full Part 1

Tutorial Winrar Lengkap Full Part 1



Step 1 Pengertian Pengetahuan Tentang Winrar

Apa itu WinRAR

Secara ringkas, pengertian atau definisi WinRAR adalah aplikasi untuk mengkompres dan mengekstrak data (file/folder).


WinRAR adalah aplikasi pembuat arsip RAR pada Windows versi 32-bit dan 64-bit. WinRAR sebuah software yang sangat bagus yang membolehkan pengguna untuk membuat, menangani dan mengontrol file berkas. WinRAR tersedia untuk beberapa sistem operasi, diantanya: Windows, Linux, FreeBSD, DOS, OS2, MacOS X.


WinRAR untuk Windows tersedia dalam dua jenis:


- Versi Grafik User Interface: WinRAR.exe;

- Versi Command Line Console (mode text): Rar.exe.



Fitur-Fitur WinRAR:



  1. Mendukung arsip *.RAR dan *.ZIP 2.0;

  2. Sangat canggih dengan algoritma kompres asli;

  3. Memiliki algoritma khusus yang dioptimalkan untuk text, audio, graphics, 32-bit dan 64-bit Intel kompres executables;


  4. Memiliki antar muka Shell yang menyertai fasilitas drag-and-drop dan Wizard;

  5. Memiliki antar muka Command Line;

  6. Mampu menangani berkas: 7Z, ACE, ARJ, BZ2, CAB, GZ, ISO, JAR, LZH, TAR, UUE, Z;

  7. Mengkompres padat, dan dapat dinaikkan tingkat kompresi 10% s.d. 50% dari kompresi normal, terutama sekali ketika pengepakan sejumlah besar file kecil yang serupa;

  8. Dapat membuat arsip-arsip multivolume;


  9. Dapat membuat arsip yang mampu mengekstrak dirinya sendiri (self-extracting), dapatjuga multivolume, menggunakan modul SFX bawaan atau modifikasi;

  10. Dapat memulihkan (recovery) arsip yang rusak;

  11. Dapat memulihkan (recovery) arsip multivolume dan merekontruksi bagian yang hilang dari arsip multivolume;

  12. Mendukung nama file Unicode;

  13. Dan memiliki banyak fasilitas lainnya, seperti: encryption, archive comments, error logging, dll.

Penemu WinRAR Eugene Roshal

Eugene Roshal lahir di Chelyabinsk, Russia, 10 Maret 1972; umur 39 tahun adalah pengembang perangkat lunak yang dikenal melalui perangkat lunaknya yaitu 2AR6BDV4BA56 :

  1. FAR Pengatur berkas (1996-2000),
  2. RAR file format (1993),
  3. WinRAR Pengarsip berkas.

Roshal lulus dari South Ural State University (dulunya Chelyabinsk Technical University), Faculty of Electronics.



Batas Kapasitas Satu Arsip RAR

Banyaknya file yang dapat ditambahkan untuk suatu arsip, tergantung atas jumlah memori tersedia dan panjang nama file. Kira-kira 128 bytes memori diperlukan untuk setiap file archived untuk diarsip ke RAR. Sebagai contoh, WinRAR dapat memakai sekitar 128 MB memori untuk mengkompres satu juta file. WinRAR telah diuji untuk menangani di atas satu juta file.



Ukuran sutu buah arsip RAR, terbatas pada ukuran 8.589.934.591 GB. Untuk menciptakan arsip RAR yang lebih besar dari 4 GB, diperlukan sistem file NTFS, sebab sistem file lebih tua tidak mendukung file besar seperti.

Ukuran sutu buah arsip ZIP, terbatas pada 2 GB.

Perbandingan RAR dan ZIP

WinRAR bisa menciptakan arsip dua format berbeda: RAR dan ZIP. Berikut adalah perrbandingan antara RAR dan ZIP:

Arsip ZIP
Format ZIP adalah yang paling populer. Sebagai contoh, kebanyakan arsip di Internet adalah arsip berformat ZIP. Jika Anda akan mengirimkan suatu arsip RAR ke seseorang, mungkin saja teman Anda tidak mempunyai WinRAR untuk mengekstrak muatan yang ada dalam arsip RAR, hal ini bisa saja membuat Anda untuk memilih format ZIP. Pada sisi lain, Anda dapat mengirimkan suatu arsip yang berjenis self-extracting (dapat mengekstrak dirinya sendiri). Arsip self-extracting memiliki sedikit ukuran yang lebih besar, tetapi dapat mengekstrak dirinya tanpa bantuan program apa pun.

Keuntungan ZIP yang lain adalah kecepatan. Proses penciptaan arsip ZIP lebih cepat dari arsip RAR.

Arsip RAR
Dalam banyak kasus, format RAR menciptakan kompres/tekanan yang mantap/padat jika dibandingkan dengan format ZIP. Kelebihan RAR yang lain adalah mendukung multivolume. Jika Anda harus menciptakan suatu arsip multi-volume, maka menggunakan RAR adalah pilihahnnya.Link

Format RAR juga mempunyai beberapa hal penting lain yang tidak dijumpai dalam format ZIP. Misalnya, kemampuan RAR untuk merekontruksi arsip yang rusak, perlindungan/kunci arsip, dan melindungi arsip penting dari modifikasi yang tidak disengaja.

Format RAR bisa menangani file yang bisa dikatakan ukuran tak terbatas (sampai kepada 8.589.934.591 GB). Sedangkan ukuran maksimum dari satu file ZIP hanya 2 GB. Sistem file yang mendukung file berukuran lebih dari 4 GB adalah NTFS atau yang lebih terbaru dari itu.


Volume (Arsip yang Terbagi Beberapa Bagian)


Volume adalah bagian-bagian dari suatu arsip dipisah. Volume didukung hanya oleh format arsip RAR. Biasanya volume digunakan untuk menyimpan suatu arsip besar yang dibagi kepada beberapa disket/CD/DVD atau media lainnya.

Secara bawaan, volume RAR mempunyai nama-nama seperti “volname.partNNN.rar”, dimana NNN adalah nomor dari jumlah volume.

Volume dapat juga berjenis self-extracting yang padat. Tanda dari Volume self-extracting yang sangat jelas adalah mempunyai extensi .exe bukan .rar.

Adalah mustahil untuk menambahkan, me

SFX (Self-Extracting)

Sebagai gambaran, SFX (Self-Extracting) seperti Setup aplikasi. Pengertian SFX (Self-Extracting) adalah suatu arsip yang digabungkan dengan suatu modul executable, yang berfungsi untuk menjalankan file dari arsip ketika dieksekusi. Tidak ada aplikasi ekternal yang dibutuhkan untuk mengektrak isi arsip ini. Walaupun demukian, WinRAR tetap bisa menangani arsip ini. Sebagai contoh, Jika ada tidak ingin menjalankan arsip SFX karena takut virus mungkin, Anda dapat menggunakan WinRAR untuk membuka dan mengekstrak isi/muatan dari arsip SFX.

Arsip SFX (Self-Extracting) pada umumnya mempunyai extensi .exe sama seperti file executable lainnya.

Arsip SFX membuat Anda tidak perlu ragu untuk memberi suatu arsip ke teman Anda, tanpa ada ragu namti teman Anda tidak bisa mengeksraknya. Karena Arsip SFX dapat mengekstrak dirinya sendiri layaknya Setup Aplikasi. Seperti: Setup Mozilla Firefox, Microsoft Office, dll.

mbaharui atau menghapus file di dalam volume yang sudah diciptakan.

Untuk mengekstrak/membongkar volume, Anda harus memulai pada volume yang pertama. Jika volume disimpan pada media non-removable seperti suatu hard-disk, Anda harus meletakkan semua volume di dalam folder yang sama sebelum memulai proses ekstrak.