Beranda » Sai Baba Dajjal dari Khurasan Akhirnya Mati Juga

Sai Baba Dajjal dari Khurasan Akhirnya Mati Juga





Tokoh spiritual dari India, Sri Sathya Sai Baba (86) yang dipuja-puja jutaan pengikutnya sebagai manusia setengah dewa, meninggal dunia di Rumah Sakit Puttaparthi, negara bagian Andra Pradesh, India. Minggu.

Sai Baba dirawat di rumah sakit tersebut sejak sebulan lalu, dan meninggal karena kegagalan beberapa organ tubuhnya, seperti dilaporkan Reuters.

Pengikutnya diperkirakan mencapai enam juta orang terdiri dari berbagai kalangan, mulai tokoh politik India, pengusaha terkemuka hingga para artis Bollywood.

Sai Baba, yang selalu tampil dengan rambut keritingnya yang khas dan balutan jubah berwarna kunyit, menjalankan fasilitas kesehatan dan pendidikan di seantero India, termasuk rumah sakit dan klinik.

Menurut jutaan orang di dunia yang mempercayainya, seperti dikutip dari laman BBC, Baba memiliki kekuatan supranatural seperti menyulap benda, mengetahui kisah kehidupan orang di masa lalu, mengobati penyakit mematikan, bahkan menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

Lahir tanggal 23 November 1926 di Puttaparti, nama asli Sai Baba adalah Sathyanarayana Raju. Penganutnya mempercayai klaim Sai Baba yang menyebut dirinya merupakan reinkarnasi dari orang suci Hindu terdahulu, Sai Baba dari Shirdi yang meninggal dunia tahun 1918. Dia mengumumkan reinkarnasi ini di usia 14 tahun. Sejak itu dia kebanjiran pengikut.

Pemimpin spiritual yang oleh sebagian warga India diyakini sebagai manusia setengah dewa, Sathya Sai Baba, meninggal dunia Minggu (24/04) pagi waktu India.
"Sai Baba tidak lagi bersama kita secara fisik. beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir pada pukul 7:40 pagi karena gagal jantung," demikian bunyi pernyataan dari rumah sakit tempatnya dirawat. "Jenazahnya akan disemayamkan untuk doa para penganut selama dua hari Senin hingga Selasa."
Ribuan orang berkumpul dekat rumah sakit untuk mendoakan keajaiban demi kesembuhan sang Guru.
Menurut jutaan orang di dunia yang mempercayainya, Baba memiliki kekuatan supranatural termasuk menyulap benda begitu saja, mengetahui kisah kehidupan orang di masa lalu, mampu mengobati penyakit mematikan, bahkan menghidupkan kembali orang yang sudah mati.
Kantor berita AFP menulis pengikutnya termasuk mantan Perdana Menteri India Atal Bihari Vajpayee, para hakim, aktor, para jendral dan pemimpin politik negeri itu.
Termasuk dalam jutaan penganutnya adalah legenda kriket India Sachin Tendulkar serta bintang film Hollywood, Goldie Hawn.
Lahir tanggal 23 November 1926 di Puttaparti, nama asli Sai Baba adalah Sathyanarayana Raju.
Penganutnya mempercayai klaim Sai Baba yang menyebut dirinya merupakan reinkarnasi dari orang suci Hindu terdahulu, Sai Baba dari Shirdi yang meninggal dunia tahun 1918.

Kontroversi
Namun pemberitaan tentang sai Baba juga diwarnai dengan kontroversi dan tudingan miring terkait penipuan kemampuan magisnya serta tudingan pelecehan seksual.
Tahun 2004 dalam sebuah liputan khusus BBC berjudul "Secret Swami,", sedikitnya dua pria warga Amerika bersaksi bahwa dalam sebuah acara penyembuhan sang Guru menyentuh alat vital mereka.
Sai Baba selalu membantah tuduhan ini.
Dari ashramnya di Puttaparthi, India, Sai Baba menyebarkan pengaruh dan menangguk dana jutaan dollar dari donasi para pengikutnya di seluruh dunia.
Organisasi amalnya telah mendanai pembangunan fasilitas kesehatan dan pendidikan di seantero India, termasuk rumah sakit dan klinik yang menurut warga setempat mampu menyembuhkan penyakit diluar batas nalar kemampuan medis umumnya.
Salah satu penyumbangnya yang terbesar adalah mantan pemilik jaringan restoran Hard Rock Cafe, Isaac Burton Tigrett, yang bahkan datang ke Puttaparthi untuk tinggal disana.
Sai Baba selalau tampil dengan gayanya yang eksentrik, dalam balutan jubah warna kunyit dengan gaya rambut keriting afro, dan pernah menghadapi serangan sekelompok orang sebelumnya tahun 1993.
Serangan empat laki-laki ke apartemennya itu gagal, namun dua pengawalnya tewas.
Sementara kerja amalnya banyak dipuji dan menimbulkan kekaguman para pengikut, yang ditaksir mencapai 10 juta orang di 120 negara, Sai Baba juga banyak dikritik saat tampil di panggung dan tiba-tiba menyulap koin emas begitu saja.
Bagi penganut kemampuan ini diyakani sebagai kekuatan magis, sementara pengkiritik menyebutnya penipuan.